Menguatkan Sinyal Modem, Cara Lengkap dan Pasti

Menguatkan Sinyal Modem – Internet dewasa ini menunjukan peningkatan jumlah pengguna yang signifikan. Aktivitas online baik itu berjualan, stalking di media sosial, atau berbisnis dengan berbagai macam metode sudah bisa dilakukan dengan berbagai pilihan gadget.

Advertisement

Dulu, orang-orang yang ingin merasakan manfaat internet biasanya hanya menggunakan PC ataupun Laptop. Namun, seiring perkembangan teknologi smartphone yang semakin canggih berdampak pada meningkatnya jumlah pengguna didunia maya yang begitu drastis.

Dengan perkembangan ini, pada akhirnya orang-orang didunia maya bisa melakukan apapun baik itu berjualan, berbisnis, mencari hiburan bahkan melakukan kejahatan hanya menggunakan smartphone.

Dukungan kecepatan internet juga semakin hari semakin membaik. Saat ini sudah tersedia jenis jaringan LTE atau umumya dikenal sebagai jaringan 4G.

Kabarnya jaringan ini mampu menembus kecepatan berkisar antara 100 Mb/detik bahkan 1 GB/detik. Sebuah revolusi kecepatan akses internet yang luar biasa, untuk lebih jelas mengenai konsep jenis jaringan 4G ini mungkin anda bisa membaca langsung dari id.wikipedia.org, sekilas tentang 4G

Saat ini kecenderungan ISP mulai berlomba-lomba menyediakan jaringan 4G. Sampai artikel ini dipublish, tercatat sudah ada Telkomsel, Smartfren, Indosat Ooredoo dan 3 sebagai provider yang sudah mengumumkan dukungan untuk jaringan 4G.

Namun, sangat disayangkan. Penerapan dilapangan sejauh ini hanya sebatas dikota-kota besar dan itupun belum maksimal.

Dilemanya adalah bagi pengguna internet daerah pedesaan.  Provider menyatakan jaringan sudah support 4G, namun bagi anda termasuk saya hanya masih  bisa merasakan jaringan 2G (edge). Sementara jaringan 3G atau biasa ditandai dengan H+ (HSDPA) baru bisa dirasakan hanya di kota kecamatan.

Termasuk di KalBar, tempat saya tinggal saat ini.

9-10 Km anda keluar kota kecamatan, jangan pernah berharap untuk bisa menikmati jaringan 3G.

Betapa susahnya bagi saya sebagai pengguna internet, kebanyakan aktivitas diwaktu luang diisi dengan aktivitas online seperti blogging dan nongkrong hingga berjam-jam didepan laptop.

Sebelum pindah rumah, saya sudah terbiasa dengan jaringan 3G. Semua aktivitas internet berjalan lancar. Namun, setelah menikah saya mencoba untuk mandiri bersama istri saya dan tinggal diperumahan karyawan.

Lebih dekat dengan kantor dan tidak perlu capek-capek berkendaraan.

Resikonya yang saya terima adalah jaringan internet yang tidak support dengan 3G. Hanya sebatas 2G.

Apa yang akan saya lakukan ?

Berbagai metode untuk menguatkan sinyal saya coba, agar modem bisa menerima lagi sinyal 3G (HSDPA). Dari mulai modifikasi antena yagi, modifikasi wajan bolic, dan beberapa tutorial yang saya dapatkan hasil dari googling.

Tidak ada satupun yang efektif. Kecuali 1 metode custom kabel LAN yang saya buat sendiri.

Saya tidak menampik kalau metode customisasi kabel LAN & Antena yagi sederhana ini merupakan kombinasi dari semua tutorial penguat modem yang ada di internet dan proses belajar selama berbulan-bulan.

Sebagai gambaran, dibawah ini perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan metode kustomisasi kabel LAN.

Menguatkan Sinyal Edge ke 3G Telkomsel Flash

Diatas ini merupakan modem flash USB Wifi yang belum menggunakan penguat sinyal kabel LAN Custom. Biasanya kekuatan sinyal berkisar diantara 69 dBm s/d 79 dBm. Kecepatan load tertinggi hanya 180kbps. Namun itu jarang, rata-rata berkisar diantara 70-80 Kbps.

Metode ini menggunakan antena yagi, dimana modem langsung tercolok pada laptop, lalu kemudian kabel coaxial yang terhubung ke antena dililitkan pada modem dengan jumlah lilitan tertentu. Sinyal yang diperoleh stabil, akan tetapi ini hanya stabil pada jaringan 2G.

Namun anda bisa melihat perbedaan menggunakan kabel LAN Custom seperti pada gambar berikut ini :

Menguatkan Sinyal 3G Telkomsel Flash

Perubahan signifikan pada kekuatan sinyal modem setelah saya mengkombinasi kedua antena antara yagi dan kabel LAN menjadi 1. Metode penguat sinyal ini mampu mendapatkan gelombang sinyal 97-103 dBM pada setting 3G/HSPA only.

Polanya adalah, modem anda tidak dicolok langsung ke laptop namun dipasang langsung mengudara dengan ditempelkan pada tiang penyangga. Lilitan kabel coaxial langsung diaplikasikan pada modem dengan jumlah lilitan tertentu, kemudian modem dihubungkan dengan USB extender yang dimodifikasi dengan kabel LAN. Nanti akan saya jelaskan mengapa harus menggunakan kabel LAN.

Aktivitas lain seperti nonton diyoutube juga tetap aman, sinyal bisa stabil dari mulai 200Kbps s/d 1Mbps. Untuk HSPA seperti gambar dibawah ini memang terlihat tanpa sinyal, namun itu bukan indikator utama. Karena terbukti meski tanpa sinyal loading 904 Kbps tetap berjalan.

Anda juga bisa melihat pada grafik.

Test kabel LAN untuk menguatkan sinyal modem

Dengan beberapa langkah persiapan bahan, untuk anda yang berada atau pada kondisi seperti saya saat ini mungkin bisa diikuti tutorial lengkap yang saya siapkan.

Yang jelas, disini anda perlu sedikit analisa sederhana. Bagi yang tekun dan mau bekerja keras pasti bisa kok untuk merasakan nikmatnya jaringan internet 3G meskipun berada jauh dari kota.

Baca Juga :  Cara Install Aplikasi TimeViewer

Oh iya, bila anda bertanya “mas  cara ini bisa gak untuk modem CDMA pake kartu seperti Esia, Flexi, Smartfren, Axis dst atau modem GSM jenis Vodafone, Bolt, Advan, Prolink atau Huawei ?”

Semua tergantung analisa yang kita gunakan. Mau itu modem CDMA atau GSM, kita perlu menganalisa dulu mana sinyal yang paling bagus dilokasi anda berada. Untuk analisa nanti akan kita paparkan lebih dalam, dan simak dulu faktor-faktor penting berikut ini.

Penyebab Buruknya Sinyal Modem

BTS Tidak Support Jaringan 3G

Untuk permasalahan yang satu ini bisa dikatakan paling ramai menghantui pengguna internet dari pedesaan. Ada beberapa ISP/ Provider yang tidak menyediakan dukungan jaringan internet 3G untuk daerah terpencil, jadinya kita hanya bisa menerima sinyal 2G (Edge). Meskipun jelas-jelas tower (BTS) provider berada tepat diatas kepala anda.

Masalah sinyal yang lemah dan tidak disupport oleh ISP bukan inti pembahasan kita. Namun, bagaimana caranya agar kita bisa memaksimalkan kondisi yang ada agar modem-modem yang saat ini ngangur dirumah anda bisa dipakai bekerja kembali.

Banyak Penghalang

Lokasi pedesaan tentu saja bisa anda bayangkan seperti apa. Ditempat saya sendiri, bisa dikatakan dikelilingi oleh hutan rimbun dan pepohonan tinggi. Ada perkebunan kelapa sawit dan berbagai macam jenis penghalang lainya membuat kondisi sinyal internet semakin buruk.

Hanya bisa 2G untuk internetan. Sangat menyedihkan.

Namun ditempat lain (kota kecamatan) Akses internet sudah menggunakan 3G. Nah, dibalik permasalahan ini terdapat solusi bagaimana agar kita bisa mendapatkan jangkauan akses sinyal 3G tanpa harus terhalangi oleh banyaknya pepohonan atau bukit disekitar lingkungan tempat tinggal.

Cara Memaksimalkan Sinyal

Wajan Bolic

Wajan bolic adalah metode penguat sinyal dengan mengkustom wajan dan pipa PVC (paralon) lalu kemudian meletakan modem didalamnya. Wajan bolic dicetuskan oleh salah satu pengiat internet yaitu Pak Gunadi yang mana beliau menciptakan sebuah misi Teknologi RT/RW-net untuk orang-orang yang membutuhkan jaringan internet meskipun berada pada jangkauan yang jauh dari ISP.

Wajan bolic sudah saya coba gunakan.

wajan bolic buatan pak gunadi

Hasilnya, untuk menjangkau jaringan 3G di jarak 9-10 KM pada BTS/Tower dikota kecamatan ternyata kurang maksimal. Alasan yang paling sederhana adalah sinyal modem tidak mampu menembus ketebalan paralon 4 inci.

Wajan bolic tanpa penutup ternyata bisa mendapatkan sinyal lebih baik dari pada menggunakan tutup. 109 – 111 dBm gain yang bisa saya peroleh. Memang jaringan sudah masuk 3G, namun tidak satupun loading page sebuah website selesai karena kondisi ini modem masih kurang stabil dalam menerima signal 3G tersebut.

Artinya, peluang mendapatkan sinyal 3G menggunakan wajan bolic masih ada hanya saja sangat-sangat tipis. Karena anda akan dibuat frustasi dengan koneski modem semakin lelet lantaran Gain perubahan antara 2G ke 3G yang sangat dekat.

Saya belajar dari wajan bolic, terutama kustomisasi kabel LAN nya. Bagi anda yang menggunakan extender USB sepanjang 10 Meter kemungkinan modem akan mudah sekali disconnect karena daya listrik yang dipasok dari baterai laptop mengalami banyak hambatan. Nah, untuk mengakali ini anda harus mengkustom kabel LAN.

Antena Yagi

Seorang insinyur listrik asal jepang yang bernama Hidetsugu Yagi dan Shintaro Uda merupakan salah satu toko pegembang dalam jaringan pertelevisian dunia. Beliau berdua menciptakana antena yagi-uda dan memperkenalkan kepada public pada tahun 1926.

antena yagi untuk memperkuat sinyal modem

Pengaplikasian antena yagi pada metode kustomisasi kabel LAN tidak persis seperti pada gambar. Kita hanya menggunakan konsepnya saja, terutama driven yang digunakan. Dengan bantuan antena yagi, signal yang diperoleh menjadi lebih stabil. Sebagai perbandingan, bila wajan bolic memperoleh 0.5 Bar (sinyal hilang datang) dengan bantuan antena yagi bisa 1-2 Bar signal 3G. Jika dalam bentuk satuan ukur gelombang, biasanya pada antena yagi memperoleh gain sebesar 99-103 dBM.

Kustomisasi Kabel UTP LAN

Cara menguatkan sinyal modem dengan teknik customisasi kabel LAN inilah yang akan kita bahas khusus hari ini.

Metode Ini bukan merupakan cara terbaik dalam memaksimalkan sinyal-sinyal 3G, tapi setidaknya langkah ini menjadi solusi paling tepat hingga artikl ini dipublish.

Sengaja saya mencoba membuat pemahaman yang panjang diawal, dan langkah runut agar teman-teman pembaca benar-benar mengerti konsepnya.

Cara ini bisa diaplikasikan pada semua jenis modem USB wifi baik itu CDMA dan GSM. Sementara untuk jenis modem bolt yang bentuknya sedikit lebar dari ukuran modem pada umumnya, maka hanya tinggal disesuaikan saja panjang lilitannya.

posisi modem menggunakan paralon

Bentuknya sangat sederhana.

Ya, ada sebuah konduktor (tembaga) kabel coaxial yang dililitkan pada modem. Kemudian antena yagi sederhana untuk kestabilan sinyal.

Advertisement

Pada intinya membuat sinyal bisa menerima jaringan 3G dari BTS terdekat memperhatikan beberapa point penting berikut ini.

  1. Modem harus langsung di tempel pada tiang (mengudara)
  2. Membuat Antena Yagi sederhana dengan driven
  3. Mengkustom kabel LAN sepanjang 9-10 Meter dengan USB Extender
  4. Mencari sinyal provider terbaik
Baca Juga :  KUDO-MAN, Ayo Buka Usaha & Jadi Pahlawan Untuk Keluarga

Untuk Siapa dan Modem Jenis Apa Saja ?

Modem CDMA

Ada banyak pilihan jenis provider yang akan anda gunakan untuk bisa mengakses internet. Provider CDMA umumnya dan kebanyakan hanya hadir dilingkungan perkotaan. Saya sendiri, seringkali mencari sinyal terbaik apa yang ada dikota kecamatan untuk membuat perbandingan sinyal.

Biasanya untuk kartu CDMA yang familiar bisa digunakan adalah XL, Flexi, Esia, Smartfren, exis dsb. Usahakan gunakanlah modem universal bila anda berniat ingin membeli modem CDMA saat ini. Secara khusus, pastikan juga sinyal dari provider mana yang paling bagus. Ya minimal sinyal untuk handphone bisa full bar.

Sementara untuk metode analisa sinyal terbainya akan kita bahas pada point selanjutnya.

Modem GSM

Untuk jenis provider GSM biasanya lebih banyak persebaranya dilingkungan pedesaan. Ada 1-3 Jenis provider yang paling dominan ditempat saya saat ini. Mulai dari yang terbesar seperti Telkomsel, Indosat dan 3 (three).

Sementara hasil analisa yang saya lakukan dalam mencari provider internet terbaik dilokasi saya mulai dari :

  1. Telkomsel (99-103 dBM) WCDMA/HSPA (3G)
  2. Three (103 dBM) WCDMA Three (3G)
  3. Indosaat (70 dBM) Edge (2G)
  4. XL (Forbiden)

Kekurangan bagi pengguna modem GSM yaitu pada mahalnya harga isi ulang paket internet. Baik itu jenis kuota ataupun paket unlimited.

Nah, didaerah saya sendiri untuk sinyal modem terbaik yaitu menggunakan kartu telkomsel. Sejauh ini untuk urusan koneksi sudah sangat stabil. Namun harga paket kuota internet 2GB menjadi momok tersendiri. Belum lagi antara harga yang tertera di menu *363# berbeda dengan potongan pulsa. Bila harga paket 2GB 60rb maka pulsa yang diperlukan untuk paket 2GB ini adalah Rp. 87.500

Langkah-Langkah Menguatkan Sinyal Modem (uraian)

Persiapan Bahan-bahan

Untuk mendapatkan sinyal terbaik dibutuhkan beberapa hal berikut ini :

  1. Kabel LAN (UTP) – untuk menjangkau jaringan internet yang maksimal, rekomendasi kabel LAN yang dibutuhkan adalah 9-10 Meter.
  2. Kabel Coaxial – Kabel coaxial ini dibutuhkan untuk pembuatan antenna yagi dan driven. Dibutukan sekitar 5 Meter.
  3. Kabel USB Extender – Kabel USB yang dibutuhkan untuk memodifikasi kabel LAN karena tanpa kabel USB extender ini modem dan Laptop/PC tidak bisa terhubung. Dibutuhkan 1 meter.
  4. Filter Udara Truck (bekas) atau Kawat Nyamuk – Diameter yang digunakan sekitar 10cm. Kebetulan dilokasi saya banyak filter udara bekas, jadi saya gunakan ini dimodifikasi sedikit. Filter udara lebih praktis karena bentuknya yang memang sudah seperti tabung dan bisa diaplikasikan seperti antenna yagi (grid). Bila anda tidak punya ini alternatifnya adalah dengan membuat menggunakan kawat nyamuk. Ini wajib, tanpa antenna ini sinyal akan sulit untuk dimaksimalkan.
  5. Kawat Tembaga – Kawat ini digunakan untuk mengikat kabel lebih kencang. Bila anda tidak memilikinya, bisa juga dengan mengupas bagian tengah kabel coaxial dari sisa-sisa potongan kita nanti.
  6. Solder dan Timah – Digunakan untuk menempelkaan driven antenna dan mengencangkan sambungan kabel LAN dengan USB Extender.
  7. Botol Bekas (usahakan yang tipis dan bening) – Tentu saja fungsi dari botol bekas ini untuk melindungi modem dari panas dan hujan. Botol Aqua ½ liter yang direkomendasikan karena lebih ringan.
  8. Alumunium Foil (bila Ada)– Alumunium foil bisa diabaikan bila dilokasi tempat tinggal anda tidak ada toko bangunan yang menjualnya. Biasanya alumunium foil digunakan untuk menambal panci atau kuali bocor.

bahan penguat sinyal modem

Analisa Sinyal Terbaik

Analisa sinyal terbaik menjadi sangat penting. Tujuannya adalah untuk menentukan jenis provider kartu apa yang memiliki sinyal terbaik. Bila anda sudah terlanjur memiliki modem, baik jenis GSM atau CDMA maka yang perlu anda lakukan adalah memilih salah satu yang terbaik. Tujuanya untuk menghemat biaya daripada harus beli modem baru.

Adapun yang perlu dipersiapkan adalah :

  1. Software MDMA (Mobile Data Monitoring Aplication) – Aplikasi bisa anda dapatkan dihalaman developernya langsung secara gratis disini. Tujuan penggunaan aplikasi ini adalah untuk memastikan berapa gain yang didapatkan oleh modem yang ditandai dengan satuan sinyal dBM. Semakin rendah maka akan semakin bagus. Bila anda menggunakan MDMA, maka aplikasi bawaan dari modem harus disclose terlebih dahulu agar MDMA bisa medeteksi berapa kekuatan sinyal yang didapatkan.
  2. Lokasi peletakan modem – Untuk menentukan lokasi peletakan tiang modem anda bisa memilih tempat terdekat dengan meja online anda. Semisal disisi jendela disamping rumah. Intinya carilah lokasi terdekat agar kabel UTP/LAN sepanjang 10 meter bisa sampai diruangan atau meja online anda.

Pengerjaan

Sambungkan Kabel (LAN) UTP & USB Extender

Langkah pertama ini adalah menghubungkan USB Extender dengan Kabel UTP. Potong kabel USB Extender menjadi dua bagian, Female dan Male. Panjang masing-masing bebas, boleh berkisar 15cm. Kupas semua jacket plastik yang membungkus serat konduktor (serat kuning). Disini biasanya jaket plastik yang membungkus konduktor terdiri dari 4 warna, mulai dari Hitam, Merah, Hijau, Biru.

Baca Juga :  Sedang Mencari Cara Ganti Nama Facebook ? Klik Disini!

Namun dibeberapa model, USB extender tidak selalu memiliki warna baku. Nah, jika anda menemukan warna yang tidak sama seperti yang saya paparkan maka perlu sedikit eksperimen agar modem bisa connect dan tidak sering disconnect.

Biasanya jenis USB extender yg baru menggunakan pola warna Orange, Hijau, Hitam, Putih.

Langkah selanjutnya adalah mengupas jacket plastik yang membungkus kabel UTP. Kabel UTP terdiri dari 8 warna, mulai dari :

  1. Putih Orange – Orange,
  2. Putih Biru – Biru,
  3. Putih Hijau – Hijau,
  4. Putih Coklat – Coklat

Satukan konduktor kabel UTP,  kemudian di simpai agar lebih kuat. Adapun yang perlu disatukan antara lain :

  1. Putih Orange – Orange, (disimpai)
  2. Putih Biru – Biru dan Putih Coklat – Coklat, (disimpai)
  3. Putih Hijau,
  4. Hijau

Proses selanjutnya adalah menyambungkan kabel UTP & USB Extender menjadi satu. Agar modem diatas udara bisa terhubung dengan laptop ataupun PC desktop anda.

Pola yang dipakai adalah :

pola menghubungkan kabel LAN dan USB Extender copy

Setelah anda selesai menghubungkan kedua kabel UTP dan USB Extender coba lah menghubungkan modem dengan laptop ataupun PC.  Bila modem terhubung dan Aplikasi modem (semilah UI flash, UI Advan atau ZTE) bisa diakses dengan baik maka sambungan anda booleh dikatakan berhasil.

Bila anda yakin berhasil, perkuat sambungan dengan menyolder setiap sambungan dengan timah sudah disiapkan sebelumnya.

Kabel Coaxial, Pembuatan Driven dan Antena

  1. Potong kabel coaxial sepanjang 20cm (untuk membuat driven)
  2. Potong lagi kabel coaxial sepanjang 2 meter (untuk menghubungkan antenna dengan driven sekaligus menjadi lilitan modem)
  3. Untuk pembuatan driven menggunakan ukuran 10-20cm. Kupas jacket kabel, lalu kemudian sisakan kasa alumunium dan tembaganya untuk disolder dengan antenna grid/kawat nyamuk. Kasa Alumunium nanti disambungkan dengan kasa alumunium pada kabel yang menuju modem.
  4. Untuk sambungan lilitan modem dan driven berjarak 1 meter. Sisa 1 meter lagi dikupas, lalu kemudian tembaga tersebut dililitkan pada modem. Jumlah lilitan tembaga yang melingkari modem hanya boleh 8-9 putaran. Selebihnya, manfaatkan untuk mengunci botol Aqua dengan menembus botol sebesar lubang paku. (Botol aqua digunakan untuk melindungi modem dari hujan dan panas)
  5. Sangat disarankan untuk melepas tutup modem (cover kartu SIM) biarkan telanjang bulat J
  6. Bila sudah siap dan dipasangkan pada tiang penyangga (tower), coba hubungkan modem menggunakan USB Extender.
  7. Tiang penyangga agar lebih ringan gunakan paralon ukuran 1 inci dan tiang paralon setinggi 2 meter tergantung pada ketinggian rumah sobat. Untuk menempelkan bisa meniru model yang saya buat pada gambar. Tempelkan paralon dengan bumbung rumah menggunakan baut. Ditoko bangunan banyak dijual baut 4-5 cm.

Membuat Driven dan Pengaplikasian di Antena mungkin perlu memperhatikan gambar dibawah ini :

driven dan pembuatan penguat sinyal antena yagi copy

Model Driven Pada penguat sinyal modem flash

Analisa Perbandingan Sinyal

Setelah modem mengudara, saatnya menggunakan aplikasi MDMA (mobile data monitoring). Aplikasi ini hanya terbuka bila port USB yang anda colokan tidak menggunak UI bawaan modem (software untuk cek USSD, SMS, Concect dan Disconnect pada modem).

Sinyal akan otomatis terdeteksi kekuatanya. Coba pilih opsi 3G/HSPA only untuk memastikan bahwa modem mendapatkan sinyal terbaik.

Untuk menghentikan Software bawaan modem yang aktif bisa menggunakan Windows Task Manager. Klik end process untuk menghentikan aplikasi bawaan dan mengaktifkan MDMA.

Untuk hasil yang saya dapatkan adalah sbb :

Sebelum Menggunakan Penguat Sinyal

sebelum menggunakan penguat sinyal modem

Setelah Menggunakan Penguat Sinyal

Setelah menggunakan penguat sinyal 3G

Hal yang perlu diperhatikan saat terjadi gangguan

Modem Sering Disconnect

Ada 3 faktor yang menyebabkan modem akan seringkali disconnect.

  1. Terlalu banyak lilitan – Solusinya adalah dengan mengurangi jumlah lilitan yang ada dan memfokuskan kepadatan lilitan disekitar kartu SIM
  2. Kasa Alumunium menyentuh lilitan tembaga – Solusinya yaitu menggunakan isolasi (dibungkus) agar kasa alumunium tidak menyentuh lilitan tembaga.
  3. Kabel UTP terlalu panjang. Ini hanya spekulasi, Sejauh ini kabel UTP merupakan penghantar arus yang baik bila dikustom dengan USB. Bila sudah mengikuti beberapa solusi diatas, coba anda pendekan kembali menjadi 10 meter kebawah.

Dari tutorial ini mungkin masih ada rekan-rekan yang bertanya. Sejauh ini, menguatkan sinyal modem menggunakan teknik ini untuk berbagai macam jenis modem dan kartu masih efektif. Semoga ada jalan lebih praktis dan maksimal kedepanya.

Untuk rekan-rekan yang ingin tetap beronline ria meskipun tinggal dipedesaan dengan sinyal pas-pasan maka tidak perlu untuk minder melakukan tindakan kreatif. Yang penting kita bahagia, bisa berbisnis lewat internet bekerja bebas dengan gaji sekelas pegawai kota.

Advertisement
Terbaru Tahun Ini (2016)
error: Warning !! Jangan Plagiat. Hargai kerja keras admin :)